Bagi masyarakat Indonesia kini telah terbiasa dengan transaksi nontunai yang sering dilakukan dalam aktifitas jual beli, khususnya untuk bisnis online. Belum lagi, pembayaran yang bisa dilakukan dengan lebih cepat, mudah, dan juga lebih efisien. Bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Karena transaksi nontunai bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar. Transaksi nontunai yang juga disebut dengan sistem payment gateway haruslah memiliki keamanan. Dngan mendapatkan izin payment gateway, proses transaksi yang dilakukan tentu saja lebih aman dan memberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak.

Untuk mendapatkan izin payment gateway, pemerintah melalui Bank Indonesia telah mengaturnya. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi, inovasi, dan juga informasi yang ada telah melalui perubahan yang lebih baik. Masyarakat lebih dimudahkan dengan sistem pembayaran ini. Dengan adanya izin, yang pasti memberikan keamanan untuk masyarakat yang lebih utama.

izin payment gateway

izin payment gateway

Pentingnya izin untuk payment gateway juga memengaruhi perkembangan perekonomian di Indonesia yang juga tidak kalah maju dengan negara – negara lain. Dan juga, dengan adanya payment gateway telah membuka banyaknya bisnis – bisnis yang bermunculan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat juga ikut terangkat karena banyaknya lowongan pekerjaan.

Bisnis – bisnis yang menggunakan sistem payment gateway pun tidak mengikat hanya pada kalangan tertentu saja, tetapi bisa dilakukan oleh siapa saja. Banyak macam – macam bisnis yang bisa dilakukan dengan sistem pembayaran nontunai ini. Dari mulai penjualan berbagai produk, reservasi tiket, hingga pembayaran tagihan.

Selain itu, dengan memberikan izin untuk payment gateway juga ikut mengangkat produk – produk lokal yang selama ini mengalami kendala dalam pemasaran bisa mengenalkannya dalam lingkup yang lebih luas. Maka, banyak produk – produk lokal yang tidak hanya dinikmati oleh masyarakat sendiri tetapi juga warga negara lain. Ini membuktikan jika tingkat perekonomian Indonesia bisa meningkat dengan perkembangan teknologi yang ada.

Izin payment gateway yang diberikan oleh Bnak Indonesia pastilah terdapat syarat – syarat yang harus dipenuhi oleh tiga lembaga yang bersangkutan, seperti lembaga standar, lembaga switching, dan juga lembaga services. Maka dari itu, izin untuk payment gateway ini sangat penting untuk berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Kategori: Bisnis