Berlian adalah permata langka yang disukai oleh banyak orang. Tidak hanya cantik, nilai jualnya yang tinggi, menjadi suatu alasan kenapa orang membelinya sebagai instrumen investasi. Berlian selalu tersemat pada sebuah perhiasan, salah satunya adalah gelang. Namun, untuk menentukan kualitas gelang berlian harus melalui proses tertentu.

Bagi Anda yang akan membelinya, pastikan Anda mengetahui kualitasnya melalui kriteria 4C berikut ini:

1. Cutting

Cutting atau potongan pada berlian dapat memengaruhi kilauan dan kejernihannya. Semua berlian bisa dipotong dalam bentuk apapun, seperti princess atau round cut diamond. Sistem cutting yang baik tentu akan mempengaruhi kualitas dan harganya. Dari kriteria 4C untuk menentukan kualitas berlian ini, cutting adalah cara yang tergolong cukup kompleks.

Image result for gelang berlian frank & co

2. Color

Semakin bening warna berlian, maka harganya pun akan semakin tinggi. Untuk color pada berlian, terdapat beberapa skala dari D hingga Z. Skala D adalah skala tertinggi karena memiliki warna yang paling baik. Sedangkan Z adalah skala dengan warna kekuningan hingga kecoklatan. Meski demikian, berlian pada umumnya memiliki warna yang sama, terutama jika kita melihatnya dengan mata telanjang.

4. Clarity

Clarity atau kejelasan dapat dilihat dari permukaannya, apakah berlian tersebut terdapat noda atau tidak. Nilai clarity pada berlian biasanya berdasarkan pada jumlah, posisi dan ukuran inklusi serta noda. Hal ini bisa dilihat dengan cara 10 kali pembesaran.

5. Carat

Karat pada berlian menjadi suatu penentu berat dari permata indah tersebut. Akan tetapi, suatu berlian dengan nilai karat yang sama, ternyata bisa saja memiliki harga berbeda. Faktor yang membedakan harganya, bisa dari berbagai sisi yang terkandung pada kriteria 4C ini.

Demikianlah cara menentukan kualitas gelang berlian melalui standar penilaian internasional. Bagi Anda yang berencana membeli, kriteria 4C bisa Anda aplikasikan agar tidak terkecoh dalam membelinya. Kriteria-kriteria di atas, hanya bisa Anda lakukan pada jenis berlian asli. Jadi, pastikan Anda memiliki toko perhiasan terpercaya. Sebelum membelinya, tanyalah terlebih dahulu pihak penjual, apakah terdapat sertifikat untuk berlian yang akan Anda beli atau tidak.

Kategori: Bisnis