Indonesia sebagai negara yang kaya akan kebudayaan juga memiliki perhiasan tradisional yang beragam. Perhiasan yang dimiliki tiap suku di Indonesia biasanya menjadi salah satu daya tarik dari sebuah pakaian adat lengkap. Bahan material untuk perhiasan tersebut ada yang berasal dari logam ataupun bahan lainnya seperti kayu dan batu. 

Berikut ini beberapa contoh perhiasan dari suku-suku di Indonesia. 

a. Padung

Padung merupakan anting-anting khas Batak. Batak dikenal sebagai suku mayoritas di Sumatera Utara. Padung sendiri sangat unik karena beratnya dapat mencapai 1,5 kg. Jika tidak dikenakan di telinga dapat disangkutkan pada tudung kepala.

Gambar terkait

b. Suntiang Anak Daro

Sunting Anak Daro merupakan perhiasan khas dari Sumatera Barat yang berupa mahkota. Mahkota ini di baut dan di sepuh dengan emas. Perhiasan yang biasanya dipakai dengan pakaian tradisional ini juga dilengkapi dengan dukuah atau kalung dan galang atau gelang. 

c. Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan perhiasan yang dipasangkan di rambut atau sanggul. Disebut kembang goyang karena dapat bergerak-gerak jika digerakkan karena memiliki pegas. Kembang goyang biasanya terbuat dari logam baik itu kuningan, tembaga, perak, ataupun emas. Perhiasan ini biasa digunakan bersama dengan pakaian adat daerah Jawa, Sunda, dan Bali

d. Anahida

Anahida atau muti salak merupakan perhiasan tradisional asal NTT yang berupa manik-manik antik dengan warna oranye. Anahida sampai saat ini merupakan kalung favorit bagi wanita di Sumba dan sekitarnya. Anahida terbuat dari batu alam sebesar biji jagung yang kemudian dirangkai menjadi kalung.

e. Kalung Kerang

Jika daerah lain menggunakan logam atau batu alam untuk bahan perhiasannya, maka di Papua sedikit berbeda. Salah satunya yaitu kalung kerang yang biasanya digunakan untuk mahar ketika menikah. Kalung ini juga dipakai saat acara-acara adat.

Perhiasan khas Indonesia sampai sekarang masih sering digunakan di berbagai acara seperti pernikahan atau acara adat. The Palace Jewelry sendiri menyediakan beragam perhiasan baik itu modern maupun tradisional. Jadi tak perlu bingung untuk memilih dan membelinya di toko perhiasan terpercaya. 

Kategori: Bisnis