Semakin menjamurnya perusahaan makanan dan minuman yang banyak bermunculan sangat mendukung pengembangan industri di Indonesia. Sampai saat ini industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor yang cukup berpotensi untuk terus dikembangkan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk mulai mendapatkan peruntungan di bidang makanan dan minuman.

Ciptakan Inovasi Baru

Melihat antusias konsumen yang selalu ingin mencoba hal baru, dapat dijadikan langkah untuk mengembangkan industri di bidang makanan dan minuman. Makanan tidak melulu harus sesuatu yang sangat baru untuk dapat digemari konsumen. Berbagai jenis makanan dan minuman yang telah ada dapat dikembangkan dan dikreasikan agar menjadi sesuatu yang dinilai baru. Melihat potensi di berbagai daerah yang sangat beragam sangat mendukung untuk pengembangan industri di Indonesia.

pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Beberapa cara untuk mengembangkan industri makanan dan minuman:

1. Mengkreasikan makanan lokal

Makanan lokal atau tradisional umumnya digunakan sebagai oleh-oleh khas daerah. Lidah kita rasanya sudah biasa dengan makanan-makanan tradisional tersebut. Tidak ada salahnya membuat variasi lain dengan mengembangkan makanan yang telah ada. Sehingga konsumen dapat menikmati makanan tradisional dengan penyajian modern.

2. Branding yang Unik

Branding atau pemberian nama makanan yang tidak biasa ini tentu akan memunculkan rasa penasaran bagi konsumen. Meskipun sebenarnya bukan produk baru namun dengan branding yang unik akan meningkatkan minat konsumen. Salah satu contoh branding pada “bakmi setan”. Pasti akan muncul rasa penasaran dengan kata “setan” di belakang bakmi yang setelah ditelusuri kata tersebut menunjukkan tingkat kepedasan bakmi.

3. Pengemasan yang unik dan menarik

Kemasan merupakan sesuatu yang dapat dikatakan sangat urgent. Disamping fungsi utamanya melindungi makanan atau minuman yang terdapat di dalamnya, kemasan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Sehingga sangat perlu diperhatikan design dan bahan kemasannya.

Demikian merupakan beberapa cara mengembangkan industri makanan dan minuman dengan mengubah sesuatu yang telah ada menjadi lebih baru dengan memberikan kreasi dan inovasi. Cara ini diharapkan mampu mendongkrak pengembangan Industri di Indonesia.

Kategori: Bisnis