Seiring perkembangan jaman yang semakin modern, sebuah produk investasi dengan berbagai keuntungan menjadi alternatif bagi setiap orang dalam mengelola dana. Berbagai layanan jasa dalam melakukan investasi menawarkan berbagai kemudahan dalam investasi seperti halnya reksa dana. Reksa dana merupakan satu alternatif bagi anda yang memiliki modal namun terbatas untuk diinvestasikan melalui Perusahaan Manajer Investasi.

Dana yang dihimpun oleh manajer investasi tersebut akan dibagi dalam beberapa jenis investasi meliputi saham, obligasi, maupun deposito. Investasi yang dilakukan tidak hanya pada satu perusahaan melainkan beberapa perusahaan sekaligus. Beragam produk reksa dana di Indonesia memiliki jenis produk dengan tujuan investasi yang bervariasi. Reksa dana adalah solusi tepat yang praktis bagi anda untuk berinvestasi pada beberapa perusahaan sekaligus dengan modal yang relatif kecil.

Mengenal Reksa Dana dan Langkah untuk Melakukannya

Karakter reksa dana dapat di bagi menjadi dua reksa dana yaitu terbuka dan tertutup. Reksa dana terbuka merupakan jenis reksa dana yang dapat dijual lagi kepada manajer investasi yang menerbitkannya tanpa melalui alur perdagangan yang berlaku di bursa efek. Sedangkan reksa dana tertutup merupakan reksa dana yang tidak bisa dijual lagi kepada manajer investasi yang menerbitkannya.

Jenis reksa dana satu ini hanya dapat dijual lagi kepada investor lain namun harus dengan melalui alur perdagangan di bursa efek. Selain itu, reksa dana secara umum meliputi reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Sementara reksa dana syariah dapat digolongkan menjadi reksa dana pasar uang syariah, reksa dana sukuk dan reksa dana saham syariah. Setiap produk menawarkan keunggulan yang berbeda dalam setiap investasi yang dilakukan.

reksa dana di Indonesia
reksa dana di Indonesia

Selain jenis atau pun karakter reksa dana yang telah dijelaskan diatas, langkah yang dilakukan dalam berinvestasi melalui reksa dana juga perlu diperhatikan. Langkah dalam memulai investasi dengan reksa dana di Indonesia tidak beda jauh dengan pembukaan rekening di bank. Anda hanya perlu mengisi formulir dan menyiapkan persyaratan maupun dokumen yang telah ditentukan. Selain itu, anda  juga harus menyiapkan dana yang akan digunakan dalam melakukan investasi. Proses transaksi yang dilakukan akan diproses berdasarkan nilai aktiva bersih. Harga reksadana akan dipublikasikan pada media surat kabar atau online, biasanya dalam sehari akan dipublikasikan sekali. Anda perlu memerhatikan batas waktu penerimaan transaksi untuk setiap harinya. Dan pastikan anda mendapatkan surat konfirmasi dalam setiap proses transaksi atau pun investasi.

Apabila anda ingin berinvestasi dengan reksa dana terpercaya, maka Manulife Mnagement investment adalah pilihan terbaik. Manulife Management Invesment atau MAMI, menawarkan jasa layanan investasi reksa dana berkualitas dan terpercaya. Kami menawarkan produk reksa dana umum dan berbasis syariah dengan keuntungan yang bermanfaat. Jangan ragu untuk bergabung bersama kami dalam melakukan investasi reksa dana yang menguntungkan.

Kategori: Bisnis