Menciptakan dan mendistribusikan produk sendiri menarik dan menantang. Sementara memunculkan produk Anda adalah langkah pertama dalam membuka bisnis kamu sendiri, ada jauh lebih banyak proses, termasuk berjam-jam perencanaan bisnis dan upaya pemasaran yang perlu dilakukan untuk menemukan orang yang bersedia membeli penawaran. Jalan untuk menjual kreasi kamu sendiri tidak mudah. 

Tetapi kebanggaan yang kamu rasakan ketika orang membeli dan mencintai apa yang kamu jual dapat membuat semua kerja keras bermanfaat, seperti :

Kembangkan Produk

Cara Memasarkan Produk Sendiri
Cara Memasarkan Produk Sendiri

Mengembangkan ide produk adalah langkah pertama dalam menciptakan sesuatu yang layak dijual. Langkah ini termasuk merancang tampilan dan tujuan produk serta membuat prototipe. Prototipe mungkin terdiri dari barang yang kamu buat sendiri dalam kenyamanan rumah Anda sendiri, atau mungkin perlu menyewa pabrik untuk membuat sampel. Jika produk kamu unik, dan kamu ingin mengajukan paten agar perusahaan lain tidak mengembangkan barang serupa.

Uji Pasar

Setelah memiliki prototipe atau telah membuat sampel produk, saatnya untuk menguji pasar. Serahkan produk kepada keluarga, teman dan kenalan dan dapatkan reaksi mereka. Jelaskan penggunaan produk, dan minta penguji untuk jujur ​​tentang apakah mereka akan membeli produk, bagaimana mereka akan menggunakannya dan kekhawatiran yang mereka miliki tentang produk itu. Gunakan umpan balik ini untuk memperbaiki ide produk Anda. Dan kamu siap membuat atau memproduksi lebih banyak produk dalam persiapan untuk menjualnya.

Temukan Pembeli

Menemukan pembeli adalah langkah selanjutnya dalam menjual produk. Pelajari semua yang kamu bisa tentang orang-orang yang mungkin berpotensi menggunakan produk kamu, seperti di mana mereka tinggal, pendapatan mereka, kehidupan keluarga dan jenis media apa yang mereka gunakan.

Jika seorang pembeli seorang pebisnis, maka cari tahu jenis perusahaan yang membutuhkan produk, judul pembuat keputusan, dan bagaimana mereka mempelajari produk baru, baik melalui telepon dingin, surat penjualan, atau rujukan.

Pilih Metode Distribusi

Untuk memasarkan produk, kamu harus memilih bagaimana jika kamu ingin mendistribusikan barang. Beberapa perusahaan bergantung pada Internet dan etalase untuk menjual produk mereka, tetapi kamu juga dapat menjual produknya lewat Internet, terutama jika barang kamu menarik bagi khalayak luas.

Jika kamu menjual barang yang sangat lokal, sewa gerai di pasar loak lokal atau pasar petani untuk mencari pembeli. Menemukan perusahaan distribusi penjualan yang bersedia menjual produk kamu ke pengecer adalah pilihan lain jika lebih suka metode tidak langsung menjual produk.

Tulis Rencana Pemasaran

Buat rencana pemasaran untuk menentukan cara membuat pesan tentang manfaat dan fitur produk. Rencana pemasaran juga membantu kamu memutuskan taktik promosi terbaik untuk digunakan, seperti menempatkan iklan di majalah pengasuhan anak jika produk kamu menarik bagi orang tua atau menjangkau influencer Instagram di daerah kamu untuk membangun audiens untuk produk.

Lihatlah pesaing, bahkan jika mereka tidak menjual produk yang sama persis seperti kamu. Misalnya, jika kamu menjual roti panggang baru dan merupakan satu-satunya tukang roti di daerahmu, masih bersaing dengan toko bahan makanan, jadi kamu perlu mencari tahu bagaimana produk, harga, dan pesanan kamu berbeda dari pesaing yang lainnya.

Kategori: Bisnis