Perhiasan berlian adalah salah satu jenis perhiasan yang paling disukai oleh wanita karena keindahannya. Jika dibandingkan dengan perhiasan lain, perhiasan dengan tambahan berlian menampakkan kemewahan dari kilauan yang dihadirkan.

Karena keindahan yang tiada duanya tersebut, tidak sedikit wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perhiasan berlian favoritnya. Namun sebelum membeli berlian, Anda harus mengenali ciri-ciri perhiasan berlian asli agar tidak tertipu.

Berlian memang memiliki harga yang sangat mahal sehingga banyak yang membuat replika atau memalsukannya. Apabila tidak berhati-hati saat membeli, bisa saja Anda mendapatkan berlian palsu.

Tentu saja hal tersebut akan merugikan Anda karena harganya yang tidak murah. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa ciri-ciri perhiasan dengan berlian asli yang harus Anda ketahui:

Keras dan Kokoh

perhiasan berlian asli
Perhiasan berlian asli

Berlian merupakan jenis batu di bumi yang paling keras. Oleh sebab itu, perhiasan dengan berlian akan keras dan juga kokoh. Meskipun terbentur dengan benda keras lain, perhiasan ini akan tetap utuh dan tidak akan pecah atau rusak. Apabila berlian mudah retak karena benturan kecil maka keasliannya perlu dipertanyakan.

Bisa Menggores Benda Lain

Karena berlian merupakan batu yang keras, maka benda satu ini tidak akan mudah tergores. Bahkan berlian asli bisa menggores benda lain apabila berbenturan. Jika terdapat banyak goresan pada perhiasan berlian Anda maka berlian tersebut diragukan keasliannya.

Tidak Berkabut

Ciri-ciri perhiasan berlian asli selanjutnya adalah tidak berkabut. Untuk mengetahui perhiasan Anda mudah berkabut atau tidak yaitu dengan melakukan tes embun. Caranya yaitu dengan menghembuskan napas ke arah berlian seperti saat menghembuskan napas ke cermin.

Apabila kabut hilang dalam sekejap maka berlian yang digunakan adalah berlian asli. Sebaliknya, apabila kabut bertahan sedikit lebih lama maka kualitasnya perlu diragukan.

Memiliki Sedikit Inklusi

Berlian asli adalah batu yang didapatkan secara alami dari alam. Jadi batu ini bukan buatan manusia. Karena hal tersebut, berlian biasanya tidak sempurna serta memiliki inklusi meskipun sangat sedikit.

Inklusi bisa berupa perubahan warna atau juga serpihan benda asing. Sebaliknya, berlian replika tidak memiliki inklusi karena dibuat manusia di laboratorium.

Refleksi Berwarna Abu-abu di Semua Bagian

Refleksi dari berlian asli hanya berwarna abu-abu saja. Apabila berlian mampu merefleksikan warna lainnya maka berlian tersebut bukanlah berlian asli. Selain memiliki refleksi berwarna abu, berlian juga mampu merefleksikan cahaya di semua bagian sehingga kilaunya sangat indah.

Sedangkan berlian palsu biasanya hanya mampu merefleksikan cahaya pada beberapa sisi saja.

Tidak Rusak Meskipun Dipanaskan

Berlian asli tidak akan rusak meskipun terkena api dalam waktu yang cukup lama. Panas akan segera hilang ketika Anda mengalirkan panas pada perhiasan. Berbeda dengan perhiasan berlian palsu dimana panas akan bertahan cukup lama saat Anda panaskan.

Memiliki Sertifikat

Ciri-ciri perhiasan dengan berlian asli yang terakhir adalah memiliki sertifikat. Saat membeli berlian yang diklaim asli, jangan lupa untuk menanyakan sertifikatnya. Sertifikat dikeluarkan oleh badan yang berwenang.

Apabila sebuah perhiasan memiliki sertifikat maka perhiasan tersebut jelas keasliannya. Namun ketika menerima sertifikat berlian, pastikan juga bahwa sertifikat tersebut asli.

Itulah beberapa ciri-ciri perhiasan berlian asli yang harus dikenali sebelum membelinya. Dengan mengenal ciri-ciri di atas, maka Anda yang pemula pun bisa membedakan antara perhiasan berlian palsu dan juga asli. Jadi Anda tidak akan tertipu saat membelinya.

Selain melalui ciri-ciri di atas, Anda juga bisa mendapatkan perhiasan dengan berlian asli apabila membeli di Mondial Jeweler. Brand perhiasan Mondial dan Miss Mondial memiliki banyak koleksi yang bisa Anda lihat sendiri di mondialjeweler.com.

Kategori: Bisnis