Sejatinya, setiap orangtua wajib memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Ada cukup banyak ciri perkembangan anak usia dini. Nah, di sini, kami akan menjelaskan 8 ciri yang wajib diketahui. Tanpa berlama-lama, yuk langsung simak informasinya yang telah kami rangkum berikut:

1.  Nafsu Makan yang Baik

Si kecil dengan nafsu makan yang baik bisa menjadi salah satu ciri bahwa mereka memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Umumnya, si kecil yang sehat, akan menyantap semua makanan yang dihidangkan, terutama untuk jenis makanan favorit mereka.

ciri perkembangan anak usia dini
ciri perkembangan anak usia dini

2.  Nyenyak Tidur

Tidur merupakan salah satu ciri perkembangan mereka sangat bagus. Dengan tidur yang nyenyak, maka pertumbuhannya pun akan semakin optimal. Kualitas tidur yang baik juga akan membantu meningkatkan konsentrasi mereka.

3.  Lidah dan Bibir Tidak Kering

Silahkan Anda cek bibir dan lidah si kecil. Pastikan keduanya dalam keadaan normal atau tidak kering. Jika keduanya tidak kering, artinya air liur si kecil berjalan dengan baik. Selain itu, jika si kecil sehat, lidahnya akan berwarna merah.

4.  Nafas si Kecil Tidak Berbau

Nafas segar menjadi salah satu indikasi bahwa si kecil sedang sehat. Kesehatan si kecil dapat kita nilai dari kualitas nafasnya. Hal tersebut dikarenakan, gigi dan mulutnya terawat dengan baik.

5.  BAB Lancar dan Teratur

Sistem pencernaan yang bagus, membuat proses BAB si kecil menjadi lancar dan teratur. Hal ini juga bisa diwujudkan dengan memenuhi kebutuhan serat dan cairan setiap hari.

6.  Kecerdasan dan Kemampuan Motoriknya Berkembang

Seiring dengan bertambahnya usia mereka, kecerdasan dan kemampuan motorik pun akan turut berkembang. Kedua kemampuan tersebut akan berkembang sesuai dengan pertumbuhan usia mereka.

7.  Si Kecil Tumbuh Sesuai Usianya

Salah satu pertanda si kecil sehat, ditandai dengan pertumbuhannya yang normal. Pertumbuhan mereka akan sesuai dengan usianya.

8.  Kontak Mata Ketika Diajak Berbicara

Silahkan Anda ajak mereka berbicara. Jika mereka berbica sambil ada kontak mata, maka dipastikan kalau si kecil sedang sehat. Selain itu, Anda juga bisa menstimulusnya dengan mengajak berbicara saat berjalan-jalan atau saat mandi.

Nah, itulah 8 ciri perkembangan anak usia dini. Perhatikanlah ke-8 poin di atas Agar Anda bisa melihat perkembangan dan pertumbuhannya. Anda bisa mengoptimalkannya juga dengan susu Dancow.

Kategori: Bisnis