Dalam hidup, seringkali datang kebutuhan yang tak terduga. Karena bersifat mendadak, maka kebutuhan itu juga menuntut untuk segera dipenuhi. Namun tak jarang usaha memenuhi kebutuhan mendesak terhalang karena tidak tersedianya dana yang mencukupi. Dalam masalah tersebut, pinjaman dana syariah bisa menjadi jalan keluar terbaik. Semua orang bisa mengandalkan pinjaman tersebut untuk apapun kebutuhannya.

Pinjaman dana dari lembaga keuangan memang tidak bisa diperoleh begitu saja. Selalu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah sebelum mendapatkan pinjaman. Termasuk prosesnya, nasabah harus melalui tahap-tahap tertentu sebelum ia bisa menggunakan dana segar hasil pinjaman tersebut. Untuk jenis pinjaman dana berbasis syariah, inilah beberapa syarat yang harus dilakukan nasabah.

pinjaman dana syariah
pinjaman dana syariah

Data Pribadi

Data pribadi merupakan persyaratan utama ketika seseorang ingin mengajukan permohonan pinjaman dana syariah. Syarat ini juga diberlakukan pada semua lembaga untuk semua jenis pinjaman. Data diri ini harus disertakan dalam berkas kelengkapan permohonan. Data diri yang diminta biasanya berupa kartu identitas dan sejenisnya. Jika ingin proses pengajuan pinjaman lancar dan tidak berbelit, pastikan persyaratan yang satu ini segera dipenuhi dan dilengkapi.

Surat Pernyataan

Syarat penting dalam pengajuan pinjaman dana berbasis syariah selanjutnya adalah surat pernyataan. Jenis surat ini biasanya disesuaikan dengan apa yang diminta pihak pemberi pinjaman. Misalnya saja pinjaman yang diminta akan digunakan untuk keperluan bisnis, maka surat pernyataan harus menyatakan bahwa nasabah memiliki usaha. Selain itu, pada jenis pinjaman berbasis syariah ini, nasabah juga biasanya diminta untuk membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa uang pinjaman akan digunakan untuk kebutuhan yang halal.

Rekening Bank

Lembaga pemberi pinjaman berbasis syariah umumnya berbentuk bank. Maka dari itu, siapapun yang ingin mengajukan pinjaman juga harus memiliki rekening di bank tersebut. Biasanya pihak bank akan memberikan pilihan apakah bisa menggunakan rekening lama atau harus membuka rekening baru. Rekening itu nantinya akan menjadi tempat penyaluran uang pinjaman untuk kemudian bisa digunakan nasabah.

Pinjaman dana syariah merupakan jawaban atas permasalahan banyak masyarakat modern akan kebutuhan dana. Solusi ini banyak dipilih karena tidak membutuhkan banyak persyaratan sulit. Proses pengajuannya juga tidak akan memakan banyak waktu.

Kategori: Bisnis