Bagi anda yang menunggu momen membahagiakan ini, yaitu momen dimana anda akan diikat dengan sebuah cincin sebelum anda memutuskan untuk naik ke jenjang mahligai rumah tangga. Yaitu prosesi engagement atau pertunangan.

Saat anda dan pasangan akan melakukan ritual pengikatan, pastinya anda memerlukan engagement ring sebagai alat pengikat hubungan anda dan pasangan. Apa sudah banyak yang tahu perbedaan antara cincin pertunangan dengan cincin pernikahan? 

Tentunya anda perlu mengetahui alasan apa saja yang membuat fungsi antara cincin tunangan dengan cincin pernikahan menjadi berbeda. Nah kali ini akan dibahas apa saja yang menjadi perbedaan antara engagement ring dengan cincin pernikahan yang khususnya disediakan oleh Mondial & Miss Mondial Jeweller. Yuk simak dengan seksama ulasan berikut ini, untuk memahamkan anda terkait perbedaannya. 

1. Tidak Wajib Memberikan Cincin 

Salah satu perbedaan antara cincin pertunangan dengan cincin pernikahan adalah pada prosesi pemberiannya. Dalam pertunangan tidak wajib memberikan cincin kepada pasangan. Walau pada umumnya, cincin tunangan diberikan pada saat seorang pria melamar seorang perempuan yang disebut dengan acara lamaran.

Pemberian cincin pada saat lamaran itu menyesuaikan dengan kemampuan pasangan atau pribadi masing-masing. Berbeda dengan cincin pernikahan yang menjadi syarat sah dalam sebuah pernikahan. Jadi anda dapat menyesuaikan biaya yang anda punya untuk memberikan cincin tunangan kepada pasangan. 

2. Tidak Harus Sepasang 

Dalam pertunangan pemberian cincin tidak harus sepasang, atau tidak wajib menjalani proses pertukaran cincin. Hanya saja proses pemberian cincin pada pasangan perempuan. Jadi fungsi cincin dalam acara lamaran itu adalah fleksibel. Anda dapat menggunakannya atau tidak. Tergantung kemampuan anda atau menyesuaikan dengan budget yang ada.

Oleh sebab itu anda tidak merasa terbebani saat akan mengadakan acara lamaran. Karena tidak wajib membeli cincin sepasang. Anda dapat menabung uang untuk memberikan cincin nikah sepasang untuk anda dan calon istri anda. Karena dalam pernikahan, kedua pengantin biasanya menggunakan cincin couple atau sepasang.

engagement ring
engagement ring

1. Perbedaan Makna 

Jika seseorang telah menggunakan cincin pertunangan, berarti orang tersebut telah terikat dengan berkomitmen kepada pasangannya dan bisa dikatakan sudah siap akan melanjutkan ke jenjang pernikahan dalam waktu dekat. Namun hal tersebut bukan berarti kedua pasangan sudah sah menjadi suami istri. Karena belum ijab sah lho ya! Lain dengan cincin pernikahan yang membuktikan bahwa kedua pasangan telah sah menjadi pasangan suami istri dan berkomitmen menjalani mahligai rumah tangga dengan di sahkan oleh agama dan hukum. 

2. Letak Penggunaan Cincin 

Perbedaan yang jelas terlihat antara cincin tunangan dengan pernikahan adalah letak pemakaian cincin. Cincin tunangan dipasangkan pada jari manis tangan sebelah kiri, sedangkan pemakaian cincin pernikahan di pasangkan pada jari manis tangan sebelah kanan. 

3. Hiasan Cincin 

Ciri umum engagement ring adalah dilihat dari letak hiasannya yaitu menggunakan berlian.  Berlian diletakkan di tengah cincin entah itu berlian yang ukuran kecil atau besar sehingga terlihat lebih menonjol. Sedangkan cincin pernikahan tidak terlalu menonjolkan berliannya dan malah memiliki desain cincin yang lebih simple. Cincin tunangan memang sebagai bukti bahwa seorang pria benar-benar menyayangi dan mencintai pasangannya. 

4. Pemakaian Cincin 

Cincin tunangan dipakai oleh perempuan jika sudah resmi dilamar oleh pihak laki-laki. Biasanya cincin tunangan dipakai sampai kedua pasangan resmi menikah dan diganti dengan cincin pernikahan. Ada pula sebagian pasangan yang menggunakan kedua cincin tersebut sampai menikah dengan peletakan cincin yang ditumpuk pada satu tempat yaitu di jari manis tangan sebelah kanan. 

Kategori: Bisnis