Kebutuhan dana mendadak terkadang menuntut seseorang untuk bisa mendapatkan dana dalam waktu singkat. Jika hanya jutaan rupiah mungkin tidak kesulitan untuk mendapatkannya, namun jika belasan atau bahkan puluhan juta akan terasa berat bagi Anda yang tidak memiliki dana darurat. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang memilih untuk menggadaikan BPKB mobil di perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan lain. Saat ini memang sudah banyak perusahaan yang menawarkan gadai BPKB mobil cepat sehingga menjadi solusi terbaik.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan menggadaikan BPKB mobil. Ada banyak risiko kerugian yang mungkin terjadi misalnya seperti BPKB rusak atau hilang, kendaraan disita karena telat membayar cicilan, dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa tips aman yang bisa Anda ikuti jika ingin menggadaikan BPKB mobil:

Tentukan Kebutuhan

Tidak sedikit orang yang mengajukan pinjaman atau menggadaikan kendaraan untuk memenuhi gaya hidup. Hal tersebut jelas sangat tidak perlu karena hanya akan menambah beban keuangan Anda. Oleh sebab itu sebelum menggadaikan BPKB mobil, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu kebutuhan mendesak apa yang harus segera diatasi. Usahakan tidak mengajukan penggadaian untuk hal yang bersifat konsumtif.

Pilih Lembaga yang Legal

Setelah menentukan kebutuhan mendesak, selanjutnya Anda harus mencari tempat gadai BPKB mobil cepat. Ada banyak tempat gadai yang menawarkan proses pencairan cepat, jadi Anda harus berhati-hati. Carilah perusahaan atau lembaga keuangan yang legal sehingga diawasi oleh hukum. Ciri-ciri lembaga legal adalah lembaga yang terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia).

Pahami Produk Pinjaman

Menggadaikan BPKB mobil biasanya masuk ke dalam pinjaman dengan jaminan yaitu berupa BPKB mobil. Jadi Anda harus memahami produk pinjaman tersebut dengan baik sebelum mengajukannya. Cari tahu berapa plafon atau nilai pinjaman yang bisa Anda dapatkan serta berapa cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Manfaatkan fitur simulasi pinjaman yang biasanya disediakan oleh perusahaan. Melalui simulasi tersebut Anda bisa mendapatkan rincian cicilan bulanan secara kasar.

Pahami Kebijakan yang Berlaku

Setiap perusahaan atau lembaga keuangan menerapkan kebijakan sendiri-sendiri kepada nasabah atau pelanggannya. Hal ini bertujuan agar nasabah yang menjadi debitur bisa disiplin menjalankan kewajiban membayar cicilan. Kebijakan yang perlu Anda perhatikan yaitu denda atau sanksi yang akan diberikan apabila telat membayar cicilan bulanan. Tanyakan juga apa denda terburuk apabila telat membayar cicilan dalam jangka waktu lama.

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tips terakhir adalah tips paling penting yang akan membantu Anda aman saat menggadaikan BPKB mobil. Membayar cicilan tepat waktu sangat penting untuk menghindari Anda dari denda dan sanksi. Selain itu, terlalu lama telat membayar cicilan akan membuat Anda lebih kesulitan membayar cicilan sehingga mobil lebih berisiko untuk disita. Jadikan pinjaman yang telah Anda dapatkan tersebut sebagai prioritas sehingga tidak akan kesulitan saat membayar cicilan.

Gadai BPKB Mobil di BFI Finance

BFI Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang bisa membantu Anda mendapatkan dana cepat. Gadai BPKB mobil cepat di perusahaan ini bisa cair dalam waktu 2 hari kerja saja. Tentu Anda perlu melengkapi syarat dan ketentuan yang diminta maka proses pencairan bisa lebih cepat. Selain cepat, ada banyak kelebihan yang dihadirkan untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda.

Beberapa kelebihan dari BFI Finance diantaranya yaitu bunga rendah, tenor panjang, plafon tinggi, jaringan luas, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan kembalian atau cashback sebanyak Rp2 juta dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pengajuan gadai BPKB mobil bisa dilakukan secara online dan offline. Untuk cara online, Anda bisa melakukan pengajuan melalui produk.bfi.co.id. 

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

Kategori: Bisnis