Kewajiban yang harus dipenuhi oleh para peserta BPJS yaitu membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Hal ini dikarenakan iuran yang terkumpul akan digunakan untuk pengobatan peserta BPJS lainnya.

Jika Anda sering terlambat atau menunggak membayar urunan maka bisa berakibat fatal. Penyelenggara BPJS akan memberikan denda serta menghentikan layanan untuk Anda. Agar hal yang demikian tidak terjadi maka pilihlah cara bayar BPJS yang menurut Anda mudah.

cara bayar BPJS
Cara bayar BPJS

Tips Anti Telat Bayar Tagihan

Kesibukan yang padat lebih sering menjadi faktor orang terlambat dalam membayarkan tagihan bulanan. Agar hal ini tidak terjadi lagi maka Anda dapat menyimak cara melunasi tagihan agar tidak telat atau menunggak.

Auto Debit

Jika Anda orang yang sangat sibuk dan susah untuk meluangkan waktu maka Anda dapat mengaktifkan layanan auto debit. Untuk dapat menggunakan layanan ini tentu harus ada persetujuan dari Anda dan pihak bank. Cara ini juga sangat cocok bagi Anda yang pelupa sehingga tidak perlu lagi memikirkan tagihan sudah dibayarkan atau belum.

Agar Anda dapat menggunakan layanan debit dengan baik maka Anda pun juga harus memastikan bahwa saldo Anda mencukupi untuk melunasi tagihan Anda. Dengan layanan autodebet ini dijamin Anda tidak akan menunggak lagi.

Segera Lunasi Tagihan

Jika Anda telah menerima uang gaji maka hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu melunasi semua tagihan bulanan Anda. Melunasi tagihan tepat waktu juga akan menghindarkan Anda  dari denda yang dibebankan.

Hal yang mungkin terjadi jika Anda tidak segera melunasi tagihan bulanan yaitu uang Anda akan habis untuk hal yang tidak sesuai keperluan. Kondisi yang demikian juga akan membuat Anda semakin kesulitan dalam melunasi tagihan.

Rangkum Menjadi 1 Pembayaran

Salah satu hal yang mungkin paling tidak disukai dari membayar tagihan yaitu ribet dan harus mengantri. Hal ini memang tidak efektif bagi Anda yang sangat sibuk karena memakan banyak waktu.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan merangkum tanggal jatuh tempo tagihan menjadi 1 hari. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan tanggal yang tidak terlalu padat. Anda dapat memaksimalkan 1 hari tersebut untuk melunasi semua pembayaran mengingat beberapa tagihan mengharuskan Anda untuk datang ke kantor secara langsung.

Meminta Tagihan Melalui Email

Bagi Anda yang aktif menggunakan email maka Anda dapat meminta tagihan Anda dikirim via email. Agar email pemberitahuan tersebut tidak terselip maka Anda perlu mengaktifkan notifikasi pembayaran tersebut. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengingat waktu melunasi tagihan.

Aplikasi

Saat ini segalanya dapat diakses dengan menggunakan aplikasi. Anda hanya perlu menginstal aplikasi tersebut di smartphone Anda. Cara ini juga merupakan cara yang sangat praktis karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Menyenangkannya, aplikasi semacam ini dapat Anda unduh secara gratis. Dengan bermodalkan koneksi internet segalanya dapat diselesaikan dengan cepat.

Bank Sinarmas

Nasabah bank Sinarmas kini akan lebih mudah dalam melunasi segala tagihan bulan. Pihak bank telah menjalin kerjasama dengan penyedia layanan biller. Dengan demikian, masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan transaksi terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang kurang strategis.

Pilihan biller yang dapat Anda gunakan diantaranya yaitu mobile banking menggunakan aplikasi simobi dari bank Sinarmas, ATM, internet banking, counter teller dan auto debit.

Layanan menggunakan internet banking atau aplikasi simobi merupakan cara yang paling efektif untuk melakukan transaksi. Melalui layanan tersebut Anda dapat mengaksesnya tanpa batasan waktu dan tempat.

Kategori: Bisnis