Dalam membuat sebuah konstruksi bangunan, bahan bangunan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pemilihan jenis bahan bangunan harus diprioritaskan agar kualitas bangunan lebih optimal.

Untuk memilih jenis bangunan yang tepat, diperlukan sebuah kiat-kiat khusus. Nah, berikut ini akan kami jelaskan tipsnya kepada Anda:

1.  Cara Memilih Semen

Semen adalah salah satu bahan terpenting.  Penggunaan semen dalam sebuah bangunan mulai dari untuk kebutuhan pondasi hingga finishing. Artinya, semen menjadi bahan yang berguna dari awal proses pembuatan bangunan hingga akhir.

Semen berkualitas biasanya dilihat dari teksturnya yang lembut. Butiran semen yang bagus juga tampak terurai ketika disentuh. Semen tidak menggumpal maupun keras. Semen Tiga Roda adalah salah satu brand terbaik untuk kebutuhan Anda.

Jenis Bahan Bangunan

2.  Memilih Batu Untuk Pembuatan Pondasi

Dalam suatu pembuatan bangunan, seperti rumah, pondasi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam pembuatan pondasi, batu merupakan salah satu bahan yang paling penting.

Untuk pondasi, gunakanlah batu belah, baik itu batu berwarna hitam, putih, maupun kecoklatan. Jenis batu tersebut sangat bagus dipilih untuk pembuatan pondasi bangunan.

3.  Pemilihan Kayu

Kayu merupakan bahan bangunan yang juga sangat penting. Pasalnya, kayu masih sering digunakan untuk pembuatan pintu, atap, jendela, dan masih banyak kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis kayu yang ada di berbagai toko-toko material bangunan. Pilihlah jenis kayu yang memiliki kadar air di bawah kisaran 20%, pasalnya jenis kayu tersebut tergolong kuat untuk menahan getaran maupun beban.

4.  Memilih Batu Bata dengan Tekstur Keras

Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang pasti digunakan. Pasalnya, batu-bata merupakan struktur utama untuk pembuatan pagar, dinding, dan berbagai elemen-elemen konstruksi bangunan lainnya.

Untuk mengenali batu-bata yang bagus dan berkualitas, memang cukup sulit. Namun, ada cara sederhana untuk mengetahuinya, yaitu dengan mengetuk permukaannya. Kemudian dengarkan suara ketukan yang dihasilkan. Jika suaranya nyaring, berarti kualitasnya bagus.

Nah, itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan saat memilih jenis bahan bangunan yang bagus untuk kebutuhan pembuatan konstruksi bangunan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda.

Kategori: Bisnis