Batu berlian merupakan batu mulia yang banyak dijadikan sebagai ornamen perhiasan. Kalung berlian asli memiliki harga yang sangat tinggi jika memiliki kualitas yang baik. Namun harga kalung berlian asli anda dapat turun harganya, jika tidak terawat dengan baik. Berlian membutuhkan perawatan secara rutin untuk mempertahankan kilauannya. Kalung berlian asli yang tidak terawat akan kehilangan kilaunya dan membuatnya tampak usang. 

Sebenarnya merawat berlian sendiri di rumah caranya sangat mudah. Selama anda rutin membersihkannya, kualitas berlian akan tetap terjaga. Berikut kami rangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat berlian. 

Hal pertama yang dapat anda lakukan dalam merawat berlian adalah dengan tidak meletakkannya atau mencampurnya dengan perhiasan lain. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan goresan pada batu berlian anda. Perhiasan yang memiliki tali seperti kalung atau gelang juga dapat beresiko pada tali yang terbelit. Sebaiknya siapkan kotak penyimpanan khusus yang memiliki banyak kantong, kemudian pisahkan perhiasan berdasar jenisnya. Hal ini dapat mengurangi resiko berlian tergores dan menjaga kualitasnya.

 Kalung berlian asli
Kalung berlian asli

Kedua, hindarkan berlian dari paparan produk yang mengandung zat kimia lain. Contohnya seperti parfum, lotion, hairspray, atau cairan pembersih rumah. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan warna pada berlian pudar atau tercampur zat lain. Untuk membersihkan berlian sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus berlian yang biasanya dijual di toko perhiasan. Atau cukup rendam berlian dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit saja tetesan amonia. Setelah dicuci keringkan berlian menggunakan kain halus dan letakkan di tempat yang kering. Jangan menggunakan sikat berbulu kasar dan hindari berlian dari sinar matahari langsung. Bersihkan berlian secara teratur minimal beberapa bulan sekali agar tetap menjaga kilaunya. 

Ketiga, jangan menggunakan berlian ketika akan melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau mengangkat beban berat. Hal ini dikhawatirkan menyebabkan berlian tergores bahkan terkikis atau patah. Lebih baik lepaskan berlian saat melakukan aktivitas berat, anda juga tidak perlu khawatir berlian hilang saat melakukan aktivitas. Sebaiknya hanya kenakan perhiasan berlian anda saat menghadiri acara penting saja seperti pesta, acara formal atau acara pernikahan. 

Keempat, jika memiliki kalung atau gelang berlian. Gantilah tali pada kalung atau gelang jika tali sudah mulai kendur. Karena tali pada kalung berlian akan kotor, meregang,  aus, dan mudah putus jika tidak pernah diganti. Gantilah dengan tali baru paling tidak setahun sekali agar tali tetap kuat. Anda dapat mengganti tali kalung sendiri jika tidak memiliki waktu ke toko perhiasan. Caranya copot berlian dari tali lama, kemudian buat simpul pada tali yang baru untuk mencegah berlian berceceran. Beri jarak antar berlian dengan membuat simpul kecil, fungsinya sebagai penahan jika kalung berlian terputus dan tidak berceceran sekaligus. 

Kelima, simpanlah perhiasan berlian pada tempat yang menjaga kelembaban. Jangan meletakkan berlian di ruangan yang terlalu panas atau ruangan ber AC secara terus menerus. Jangan juga meletakkan perhiasan dekat dengan barang elektronik seperti tv, laptop, atau kipas angin. Pancaran panas dari  barang elektronik dapat menyebabkan berlian rusak. 

Perhiasan berlian memiliki daya tarik dan manfaat yang tinggi. Jika tidak dirawat dengan baik, nilai perhiasan akan turun jauh. Jika anda kesulitan merawat perhiasan berlian sendiri, bawalah ke toko perhiasan terpercaya agar perhiasan anda dirawat oleh ahlinya. 

Kategori: Bisnis