Saat ini telah banyak orang yang menjadikan ikan hias menjadi peliharaan pribadi saja. Seperti yang kita ketahui,  ternyata usaha ternak ikan konsumsi menjadi trend bisnis yang sangat potensial untuk dipilih.

Hal ini tentu sangatlah selaras dengan banyaknya orang yang beralih untuk membesarkan bisnis ikan. Omzet yang diraih bisa mencapai puluhan juta tergantung besarnya usaha dan jenis ikan yang dipilih.

Untuk Anda para penghobi ikan hal ini sangat membantu untuk terjun dalam bisnis ikan hias. Untuk pemula yang ingin membudidayakan ikan, tentu harus memahami bagaimana memulai usaha ternak ikan yang dibutuhkan.

Bagaimana Memulai Usaha Ternak Ikan?

Nah setelah menentukan jenis ikan apa yang ingin kamu budidayakan dan ingin kamu jual. Kamu perlu memulai usaha ternak ikan ini dengan beberapa langkah awal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Menentukan Lokasi dan Lahan Terbuka

Untuk memulai usaha ternak ikan tidaklah  harus berlokasi di pinggir pantai. Kamu bisa mencari alternatif budidaya ikan konsumsi air tawar yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi seperti ikan-ikan yang lainnya. 

Dan selain itu, anda juga harus pastikan lokasi peletakan kolam terpal ditempatkan diluar ruangan. Sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam kolam. Cahaya matahari ini sangat diperlukan guna membantu pertumbuhan ikan lebih maksimal.

2. Memilih Benih yang Berkualitas

Pemilihan benih ikan yang baik dan berkualitas akan menjadikan ikan yang dipanen memiliki bentuk dan berat yang bagus nantinya.

Dalam memilih benih ikan anda harus mencari ikan yang aktif berenang di dalam kolam. Kemudian pilihlah ukuran bibit ikan yang berukuran sama/seragam. Terakhir, selalu pertimbangakan reputasi penjual dari bibit ikan yang kamu beli.

3. Memperhatikan Kualitas Air

Dalam memperhatikan kualitas air sangat penting dilakukan demi menjaga stabilitas kesehatan ikan yang ada di kolam. Agar nantinya ikan yang dibudidayakan memiliki pertumbuhan dan produktivitas yang baik.

4. Membersihkan Kolam Secara Berkala

Dengan melakukan pembersihan kolam secara teratur dan berkala akan menghindarkan ikan terserang penyakit, khususnya ketika masih dalam tahap pembibitan. 

Kategori: Bisnis

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *