Kedokteran gigi merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran. Namun di beberapa universitas, kedokteran gigi juga menjadi fakultas tersendiri yaitu Fakultas Kedokteran Gigi. Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan kedokteran gigi adalah Universitas Kristen Maranatha yang terletak di kota Bandung. Anda yang ingin kuliah kedokteran gigi, bisa mengambil salah satu universitas terbaik di Jawa Barat ini.

Namun sebelum mendaftarkan diri di Universitas Kristen Maranatha, Anda perlu mengetahui beberapa tips sukses kuliah di jurusan kedokteran gigi. Pasalnya jurusan ini termasuk jurusan yang sibuk sehingga membutuhkan persiapan mental yang baik. Langsung saja, berikut ini beberapa tips sukses yang bisa Anda ikuti:

Belajar Manajemen Waktu

Ketika masuk kuliah Anda akan dihadapkan oleh banyak kegiatan serta tugas-tugas kuliah. Oleh sebab itu, manajemen waktu merupakan hal penting yang perlu dibiasakan sejak awal. Buatlah jadwal kegiatan harian dengan baik. Jangan lupa untuk menentukan prioritas agar semua pekerjaan maupun tugas biasa selesai.

Mencari Teknik Belajar yang Tepat

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Beberapa orang lebih suka belajar dengan menulis kembali materi, namun ada juga yang lebih suka merekam penjelasan dosen lalu mendengarkan hasil rekaman setelahnya. Anda perlu menemukan cara belajar yang paling efektif agar semua materi kuliah bisa dikuasai.

Mengenal Mata Kuliah Semester Pertama

Meskipun Anda kuliah kedokteran gigi, namun pada semester awal Anda akan bertemu dengan beberapa mata kuliah dasar. Mata kuliah dasar adalah mata kuliah yang berguna untuk Anda kelak seperti Bahasa Inggris, Agama, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia.

Mengenal Mata Kuliah Semester Lanjut

Setelah mata kuliah dasar, Anda akan mendapatkan mata kuliah lanjutan. Perlu Anda ketahui meskipun masuk ke jurusan kedokteran gigi, namun mahasiswa juga akan mendapatkan mata kuliah kedokteran umum. Biasanya mata kuliah kedokteran umum didapatkan pada semester kedua. Setelah itu baru akan fokus pada mata kuliah yang berhubungan dengan kedokteran gigi.

kuliah kedokteran gigi
kuliah kedokteran gigi

Mencari Referensi Belajar yang Beragam

Dosen di kampus biasanya menjelaskan melalui slide-slide powerpoint. Setelah itu mahasiswa bisa mengulangi pembelajaran dengan menyalin slide-slide dari dosen. Namun sebagai calon mahasiswa kedokteran gigi yang sukses, Anda wajib mencari referensi lainnya. Baca dan cari textbook lainnya agar ilmu yang Anda dapatkan lebih banyak.

Membentuk Kelompok Belajar

Berdasarkan teori, seseorang yang belajar sendirian biasanya hanya bisa fokus dalam waktu 15 menit saja. Agar bisa fokus lebih lama, Anda bisa membentuk kelompok belajar dengan teman sekelas atau sefakultas. Bersama teman-teman Anda bisa berdiskusi, mengerjakan tugas, memecahkan masalah, dan lain-lain. 

Mengikuti Praktikum dengan Baik

Praktikum adalah sarana bagi mahasiswa untuk mengasah skill atau kemampuannya secara langsung. Anda perlu menyiapkan mental, menguasai materi, serta menyiapkan berbagai hal tentang praktikum agar semuanya berjalan lancar. 

Ikut Organisasi

Tips sukses yang terakhir adalah mengikuti organisasi. Kuliah di jurusan kedokteran gigi memang cukup sibuk, meskipun begitu Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk bergabung bersama organisasi. Melalui organisasi Anda bisa melatih soft skill seperti public speaking, sosialisasi, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti agar kuliah kedokteran gigi yang Anda jalankan bisa lancar. Jika mencari jurusan kedokteran gigi di Bandung, Universitas Kristen Maranatha menghadirkannya untuk Anda. Tersedia dua program pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi yaitu program studi S-1 Pendidikan Dokter Gigi dan program pendidikan profesi dokter gigi. Lebih lengkapnya mengenai Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha bisa dilihat di website www.maranatha.edu

Kategori: Bisnis

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *