Saat ini, penawaran kredit bangun rumah di Indonesia merupakan salah satu program kepemilikan rumah yang tergolong sangat populer. Penawaran ini sudah umum ditawarkan oleh beberapa bank. Salah satu bank yang menawarkannya dengan harga yang kompetitif adalah Bank Danamon.

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit pemilikan rumah atau KPR, berikut kami jelaskan cara-caranya kepada Anda. Pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai agar tahu langkah-langkahnya.

Persyaratan KPR Perorangan

Pertama-tama silahkan Anda siapkan persyaratan KPR perorangan terlebih dahulu sebelum mengajukannya. Berikut kami jelaskan daftar persyaratan yang harus Anda siapkan.

  • Fotokopi suami atau istri
  • Fotokopi pemohon
  • Fotokopi surat nikah atau surat cerai
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Fotokopi NPWP pribadi
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan
  • Surat rekomendasi perusahaan
  • Akta pisah harta notariil

Proses Langkah-Langkah Pengajuan KPR

Setelah semua persyaratan Anda siapkan, silahkan Anda langsung melakukan pengajuan KPR di bank terkait. Berikut langkah-langkahnya:

1.  Membaca Persyaratan dari Bank

Sebelum Anda melakukan pengajuan, pertama-tama silahkan Anda baca dulu seluruh persyaratan yang diajukan oleh bank. Setelah membacanya, silahkan Anda menyetujuinya jika setuju dengan penawaran mereka.

2.  Memilih Tipe Rumah

Langkah selanjutnya yaitu silahkan Anda menentukan tipe rumah yang Anda inginkan. Cari provider terpercaya yang sudah bekerjasama dengan bank terkait. Karena bank biasanya hanya akan memilih provider terpercaya.

3.  Mempersiapkan DP (Down Payment)

Proses pengajuan rumah melalui program KPR biasanya memerlukan sejumlah down payment (DP) atau uang muka. Silahkan cari informasi terkait uang muka yang ditawarkan oleh bank terkait. Kemudian setelah itu, silahkan Anda sediakan DP tersebut.

4.  Bertanya Terkait Detail Rumah

Untuk memantapkan pilihan Anda, sebaiknya Anda tanyakan secara mendetail terkait rumah yang akan Anda beli. Ketahuilah lokasinya, kondisinya, hingga lingkungan sekitarnya. Pastikan rumah yang Anda beli juga aman dan nyaman. Rumah tidak berada di lokasi yang rawan banjir, rawan tindakan kriminal, maupun rawan longsor.

Demikian penjelasan seputar tips mengajukan kredit bangun rumah yang baik dan benar. Semoga bisa menambah wawasan Anda yang saat ini sedang mencari rumah terbaik untuk hunian yang nyaman bersama keluarga.

Kategori: Bisnis

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *